Toolkit phishing MITM
(Man In The Middle)
Bukan
rahasia lagi bahwa rekayasa sosial adalah metode paling umum bagi peretas untuk
menginfeksi titik akhir dengan ransomware pada awalnya. Ini terdiri dari
mengirim email phishing untuk mendapatkan kepercayaan dan menarik calon korban
untuk membuka lampiran atau mengklik tautan untuk mengunduh PDF berbahaya dan
file dokumen lainnya. Pada tahun 2020, telah dicatat bahwa kampanye phishing
ini menjadi semakin bertarget, dipersonalisasi, dan spesifik.
Kampanye
phishing ini sudah menargetkan aplikasi paling populer dengan Facebook (4,5
juta upaya phishing), WhatsApp (3,7 juta), Amazon (3,3 juta), Apple (3,1 juta)
dan Netflix (2,7 juta). Google dan produknya (YouTube, Gmail, dan Google Drive)
berada di urutan keenam dengan 1,5 juta upaya phishing (1).
Namun
selain rekayasa sosial, peretas menggunakan cara yang lebih canggih lagi yaitu
menggunakan cookie. Mereka memiliki banyak toolkit online, MITM atau Man In The
Middle, yang memperkuat kerusakan yang disebabkan oleh phishing dengan
memungkinkan penyerang meluncurkan kampanye yang sangat canggih, yang secara
visual tidak dapat dibedakan dengan korbannya.
Analis
di Stony Brook University telah mendaftarkan 1.220 di antaranya (2).
MITM
ini bekerja sangat mirip dengan proxy terbalik, dalam hal jika situs pengguna
adalah asli, informasi mereka dikirim ke sumber eksternal. Ini berarti bahwa
cookie yang menyimpan data 2FA berakhir di tangan pelaku kejahatan, memberi
mereka akses ke akun mereka dalam waktu singkat.
Bahkan
otentikasi dua faktor tidak menolaknya!
Seperti
yang ditunjukkan pada gambar (2) berikut, ini adalah industri yang benar-benar
kelas dunia: Toolkit phishing MITM digunakan di seluruh dunia: Indonesia tidak
luput, jauh dari itu.
Merek
dagang paling populer yang ditargetkan oleh toolkit phishing MITM adalah Instagram,
Google, Facebook, Outlook, Paypal, Apple, Twitter… (2).
BAGAIMANA
MELINDUNGI DIRI SENDIRI:
Bagi sebagian besar pengguna Internet, kampanye phishing dengan konsekuensi berbahaya ini tidak diperhatikan, saran terbaik yang dapat kami berikan adalah:
- Jangan gunakan perangkat kerja Anda untuk masuk ke Instagram, Google, Facebook, Outlook, Paypal, Apple, Twitter dan terutama ,
- Mengatur komputer Anda untuk menolak cookie dan menolak cookie yang ditawarkan kepada Anda oleh situs yang Anda kunjungi,
- Ingatlah untuk melindungi diri Anda dengan tidak menyimpan data sensitif apa pun di komputer Anda dan mengosongkan sampah setiap hari,
- Jika Anda berada di infrastruktur, pikirkan tentang segmentasi jaringan Anda. Solusinya dengan ALL-IN-ONE dari PT SYDECO merupakan solusi yang diadopsi untuk perlindungan maksimal.
Hubungi kami untuk mendapatkan Informasi dan Solusi keamanan anda:
Email:
sydeco.indonesia@yahoo.com
Telp : (+62) 274-2887796
www.sydeco.co
1) https://www.globalsecuritymag.fr/Phishing-reseaux-sociaux,20201021,104095.html
2)
Comments
Post a Comment